Kamis, 13 Desember 2012

Jenis-Jenis Ikan Koi (PerikananIndonesia)

Berhubung banyaknya pengunjung yang mencari informasi mengenai Ikan Koi, maka PerikananIndonesia akan memberikan sebuah artikel mengenai jenis – jenis Ikan Koi. Seperti kita ketahui, Ikan Koi merupakan ikan hias yang selalu memiliki pamor yang tinggi. Ikan yang selalu dianggap sebagai pembawa hoki ini, sudah pastinya tidak akan sepi dari para pecinta ikan hias yang selalu memburu ikan Koi ini. Langsung saja kita simak jenis – jenis ikan Koi yang sering kita jumpai di pasar berikut ini.

Hikarimoyo-mono
Hikarimoyo-mono
Ikan Koi jenis ini merupakan ikan hasil keturunan dari perkawinan Ogon dengan koi lain (diluar Utsuri), juga Hariwake. Menurut sumber yang beredar, dijelaskan bahwa ada 10 jenis yang termasuk jenis koi ini yaitu: Hyakunenzakura, Platinum Kohaku, Yamatonishiki, Kinsui, Sho Chiku Bai, Tora Ogon, Kujaku Ogon, Yamabuki Hariwake, Hariwake Doitsu, dan Kikusui. Ciri khas dari ikan Koi jenis ini mempunyai ciri khas yang terletak pada warna keperakan dan keemasan yang merupakan hasil dari persilangan antara jenis Koi Ogon dengan Ikan Koi jenis lainnya, diluar Utsuri.
Kohaku
Kohaku
Jenis Kohaku pada awalnya lahir saat zaman Bunka dan Bunsel pada tahun 1804-1829 yang berasal dari hasil persilangan antara koi putih dan koi merah. Ikan Koi Kohaku bisa dibilang varietas ikan Koi yang paling dikenal. Hal tersebut dapat dimaklumi karena ikan ini mempunyai corak warna yang bisa langsung membuat orang ingat pada bendera negara Jepang. Koi Kohaku yang mempunyai kualitas prima adalah ikan yang warna merahnya gelap dan warna putihnya seputih salju.
Tancho
tancho
Untuk jenis koi yang satu ini bisa dibilang sangatlah populer untuk kalangan para penggemar koi . Hal ini dikarenakan ikan tersebut mempunyai bulatan yang berwarna merah yang ada di kepalanya. Sudah tentu sangat memudahkan orang ingat kepada bendera negara Jepang.
Taisho Sanke
Taisho Sanke
Taisho Sanke merupakan jenis ikan Koi yang mempunyai warna putih pada bagian badannya serta dihiasi dengan adanya warna hitam dan merah (triwarna). Tidak ada keteranga yang menyebutkan sejak kapan ikan koi dengan tiga warna ini lahir. Tetapi dari pertengahan zaman Meiji, ikan Koi Taisho Sanke telah ditemukan.
Kinginrin
Kinginrin
Yang disebut dengan jenis ikan ini yaitu ikan Koi yang memiliki corak – corak perak yang berada di badannya. Pada umumnya jenis koi Kinginrin dapat ditemukan dihampir setiap golongan ikan koi. Contohnya yaitu, kinginrin kohaku yang merupakan koi dengan corak kohaku namun mempunyai corak keperakan yang berada di atas warna putih dan orak keemasan yang berada di atas warna merah.
Utsurimono
Utsurimono
Pada umumnya untuk ikan Koi jenis Utsurimono mempunyai warna dasar yang terdapat pada tubuhnya yaitu hitam. Sedangkan untuk warna pada bercaknya yaitu warna kuning, putih, dan merah.
Showa Sanshoku
Showa Sanshoku
Warna dasar pada tubuh ikan Koi jenis ini yaitu hitam. Namun mempunyai hiasan yang berupa corak berwarna putih dan merah yang terletak di badannya. Bila dilihat secara sepintas ikan koi jenis ini sangat mirip dengan ikan Koi jenis Taisho Sanke, yang membedakannya yaitu pada warna dasar yang berwarna hitam, sedangkan Taisho putih.
Bekko

Jenis Ikan Koi Bekko merupakan jenis Ikan Koi yang masih merupakan keluarga dari jenis Taisho-Sanke. Jenis Koi ini mempunyai perpaduan warna yang cukup mendasar yaitu tubuh kuning, putih, merah dengan corak berwarna hitam yang ada pada tubuhnya. Di dunia ini ada 4 jenis ikan Koi Bekko yaitu: Ki Bekko, Bekko Doitsu, Shiro Bekko, dan Aka Bekko.
Asagi

Ikan Koi Asagi merupakan jenis koi yang memiliki badan dengan warna biru atau biru cerah pada bagian perut, pipi serta juga lipatan sirip yang berwarna merah. Asagi pada umumnya mempunyai corak pada kepalanya, namun kepala yang tidak bernoda lebih sering diburu oleh para pecinta ikan hias. Perlu diketahui bahwa ada beberapa Asagi yang tidak mempunyai warna merah yang terletak pada perutnya.
Shusui

Jenis koi ini berhasil ditemukan oleh Mr. Yoshigoro pada tahun 1910. Ikan Koi Shusui merupakan jenis persilangan antara Asagi Sanke dengan karper kaca yang berasal dari Jerman. Ikan Koi ini mempunyai sisik yang besar serta mempunyai kulit yang lembut. Sedanngkan untuk punggungnya mempunyai warna yang biru gelap. Warna merah terbakar tampak terlihat di pipi, perut, ujung hidung, serta lipatan pada siripnya.
Koromo

Ikan jenis koi ini adalah hasil persilangan antara Ikan jenis Kohaku/Asagi dengan ikan jenis Sanshoku. Koromo mempunyai ciri yang cukup khas yaitu mempunyai badan yang dicoraki warna merah hampir sama dengan jenis Sanshoku dan Kohaku, namun ada campuran sisik yang berwarna kebiruan seperti jenis Asagi.
Kawarimono

“Warna aneh”, merupakan sebutan yang sering digunkan untuk jenis ikan koi yang satu ini. Warna aneh tersebut muncul akibat adanya sebuah penyimpangan yang tidak disengaja saat proses persilangan. Hal tersebut membuat jenis koi ini menarik serta tampak unik.
Ogon

Untuk ikan Koi jenis Ogon merupakan ikan Koi yang memiliki badan yang berwarna emas. Adapun ciri umum ikan Koi jenis Ogon yaitu memiliki bentuk badan yang bagus, sisiknya dihiasi dengan warna keemasan (Koi yang mempunyai sisik lebar pada daerah perutnya, termasuk jenis yang sering dicari), sirip dadanya haruss berkilauan, kepalanya selalu berwarna keemasan cerah, dan warna ikan tidak berubah menjadi gelap, walaupun pada keadaan suhu yang naik.
Hikari-Utsurimono

Ikan Koi jenis koi ini lahir dari hasil persilangan antar keluarga jenis Utsuri yang memiliki warna dasar hitam bersama jenis Ogon yang mempunyai warna keperakan.

Tidak ada komentar: